-->

Buah Blewah & Manfaatnya

Blewah banyak mengandung unsur - unsur yang dibutuhkan untuk kesehatan tubuh.

Hai Sobat, jumpa lagi bersama For Your Information | Leading Information yang memberikan informasi - informasi unik, menarik, dan menggemparkan. Kali ini 4UI akan memberikan informasi yang segar buat sobat semuanya. Buah - buahan memang banyak memiliki kandungan - kandungan vitamin yang sangat berguna bagi tubuh. Buah naga, buah manggis dan buah - buah lain sudah banyak informasi - informasi yang mengupas tuntas buah - buah tersebut. Namun, Buah ini jarang memiliki nilai di mata masyarakat, ya Buah Blewah lah tentunya. Simak ya .. :)

Blewah banyak mengandung unsur - unsur yang dibutuhkan untuk kesehatan tubuh.
Buah Blewah atau sering disebut dengan semangka Belanda merupakan jenis buah yang masih dalam satu keluarga dengan buah melon. Buah yang memiliki nama trinominal Cucumis Melo Centalupensis ini banyak digunakan sebagai minuman penyegar di Asia Tenggara, khususnya di Indonesia. Blewah adalah tanaman semak yang tumbuh merambat dengan kulit buah yang berbintil - bintil dan daging yang berwarna oranye. Buah ini memiliki khasiat, diantaranya memelihara jantung, mencegah kanker, dll.
                                                      
Tidak hanya dilihat dari segi konsumsi, dalam segi gizi buah ini tidak kalah dengan buah - buah lain. Kadungan yang terdapat dalam buah ini antara lain, 3,1 mg beta-karoten, 68 mg Vitamin C, 1,3 mg serat, 13 mg karbohidrat, 494 mg potasium, 14 mg sodium, dan tentunya banyak terkandung air. Tidak hanya itu, buah ini juga menyimpan unsur kalsium, fosfor, zat besi, niasin, protein, juga lemak tak jenuh ganda. Semua bisa di peroleh dalam semangkuk blewah. Pernyataan tersebut sudah di kutip dalam sebuah situs peneliti gizi makanan, yaitu nutrifax. Mangingat kadar beta-karoten yang cukup tinggi, baik jika digunakan untuk menangkal radikal bebas ( salah satu penyebab penyakit jantung & kanker ). RDA atau Recommended dietery allowance merekomendasikan mengkonsumsi buah blewah ini secara teratur bagi penderita penyakit jantung, karena tingkat beta-karoten yang dapat menstabilkan fungsi jantung seperti semula.

Blewah banyak mengandung unsur - unsur yang dibutuhkan untuk kesehatan tubuh.Buah blewah juga merupakan buah yang sangat populer bahkan menjadi idola masyarakat ketika Bulan Puasa. Karena buah ini merupakan buah penghasil isotonik alami yang berguna bagi kesehatan. Apalagi ketika berpuasa, banyak cairan - cairan tubuh yang hilang dan mengakibatkan lemas dan letihnya tubuh. Mungkin blewah sangat cocok untuk kita yang sedang berpuasa, karena juga terdapat kandungan gula alami sebagai pengganti cairan tubuh yang hilang.

Selain tinggi beta-karoten, Blewah juga merupakan sumber vitamin C & vitamin A yang sangat baik. Oleh karena itu bewah masuk dalam 10 buah dan sayuran pencegah kanker. Vitamin C juga berguna untuk penyempurnaan penyerapan zat besi yang berasal dari suplemen atau sumber zat besi selain daging. Maka belewah juga sangat dianjurkan untuk para ibu hamil yang biasanya mengalami Anemia.
Dapat disimpulkan manfaat Buah Blewah adalah sebagai berikut :
  •  Kandungan mineral kalium, provitamin A dan serat makanan dapat meningkatkan daya tahan tubuh, menyehatkan fungsi ginjal dan limpa, serta menurunkan tekanan darah.
  • Kandungan potassium dapat menurunkan tekanan darah tinggi, mengurangi pembentukan plak di arteri, serta sebagai pencahar alami.
  • Vitamin A yang terkandung dapat menjaga kesehatan mata dan tulang serta baik dikonsumsi bagi perokok aktif maupun pasif.
  • Kandungan kalium mampu mengendalikan tekanan darah, cocok bagi penderita hipertensi.
  •  Indeks glikemik yang rendah yakni gula alami dari fruktosa dan glukosa, sehingga aman dikonsumsi penderita diabetes dan obesitas.
  • Mengandung betakaroten yakni jenis antioksidan yang berperan dalam mengurangi konsentrasi radikal bebas yang dapat mencegah penuaan dini.
Semoga informasi mengenai Blewah & Manfaatnya diatas bermanfaat. Jumpa lagi dengan informasi unik selanjutnya.
... Terima Kasih ...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Buah Blewah & Manfaatnya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel