-->

Cara Menghilangkan Bau Mulut Ketika Berpuasa

Bau mulut memang menyebabkan kita tidak percaya diri, oleh karena itu Musnahkan dari akarnya

Assalamualaikum Wr. Wb.
Jumpa lagi bersama For Your Information | Leading Information, Semangat tidak kakak - kakak, adik - adik yang sedang berpuasa. SEmoga puasa kita hari ini diterima oleh Allah SWT. Amin ... Well, puasa kerap kali mendatangkan hal - hal yang tidak semestinya dalam aktivitas sehari - hari. Misalkan, lemes, bau mulut dan lain - lain. Namun, bau mulutlah yang selalu kita permasalahkan ketika berpuasa. Bau mulut menyebabkan kita kurang percaya diri ketika berbicara dan berhadapan dengan orang lain. Oleh karena itu hari ini, 4UI akan sedikit memberikan tips - tips bagaimana cara menghilangkan bau mulut ketika kita sedang berpuasa. Sebelum mengetahui cara menghilangkannya, kita harus mengetahui apa saja faktor - faktor penyebab bau mulut kita itu, Simak ulasan berikut ini :)

  • Bakteri,  Mulut merupakan salah satu tempat yang disukai bakteri. Mikroorganisme ini bersembunyi di antara gigi dan permukaan lidah. Saat bakteri-bakteri itu berkembang biak dan menumpuk mereka akan mengeluarkan racun dan bau yang kurang sedap. 
  • Tonsil, Lubang di bagian dalam tonsil (amandel) disebut crypts, merupakan salah satu biang keladi halitosis. Pada bulatan-bulatan jaringan limfe di tonsil yang membengkak sering terselip sisa makanan dan kuman sehingga menimbulkan bau tidak enak. 
  • Makanan beraroma tajamMakanan seperti bawang putih, durian, atau ikan, juga menyebabkan bau mulut, bahkan meski kita sudah menyikat gigi. Hindari makan sejenis ketika sobat sahur. 
  • Kebiasaan burukHindari kebiasaan buruk, seperti merokok atau minum kopi bila Anda ingin napas selalu segar.  
  • Gangguan perutKadang kala gangguan di perut atau usus bisa menyebabkan bau mulut, terutama saat bersendawa. Diet rendah karbohidrat juga menyebabkan ketosis, pembakar lemak di tubuh yang menyebabkan bau naga. 
  • PenyakitBau mulut juga bisa jadi pertanda adanya penyakit seperti infeksi saluran napas, infeksi sinus kronis, diabetes, gangguan ginjal, lever, dan asam refluks kronis.
Cara menanggulanginya sebagai berikut :
  • Jaga kesehatan mulut dengan secara rutin menggosok gigi setelah sahur dan sebelum tidur di malam hari.
  • Hindari makanan-makanan yang berbau menyengat seperti petai, durian, atau bawang.
  • Banyak minum air putih ketika sahur dan berbuka untuk menjaga kesimbangan air dalam tubuh.
  • Konsumsi makanan probiotik untuk membantu kesehatan pencernaan dan mencegah bau mulut.
  • Hindari rokok dan alkohol yang dapat memicu terjadinya periodontitis dan gingivitis yang memperburuk kebersihan mulut. Selain itu, alkohol dapat mengurangi produksi air liur yang mengakibatkan semakin cepatnya perkembangan bakteri.
  • Konsumsi buah dan sayuran seperti apel, wortel, dan bengkuang.
  • Konsumsi rempah-rempah seperti ketumbar, mint, tarragon, kayu putih, rosemary, dan kapulaga yang sangat baik untuk memerangi bau mulut.
  • Konsumsi vitamin C seperti berry, jeruk, dan melon karena dapat menciptakan lingkungan yang tidak ramah bagi pertumbuhan bakteri. Dapatkan vitamin C dari buah dan makanan lain, bukan dari suplemen, karena suplemen justru memperparah bau mulut.
  • Konsumsi keju karena keju kaya akan kalsium, rendah karbohidrat, dan mengandung fosfat sehingga bermanfaat untuk meningkatkan produksi air liur, dan mengurangi pertumbuhan karang gigi.
  • Jangan terlalu sering menggunakan obat kumur. "Boleh pakai obat kumur tapi jangan sering-sering, mungkin hanya di malam hari," ujar drg. Eky. Di dalam mulut terdapat bakteri jahat dan bakteri baik yang harus dijaga keseimbangannya.
  • Membersihkan sela-sela gigi dengan benang khusus yang disebut benang gigi (dental floss) ketika selesai sahur dan berbuka. Usahan jangan menggunakan tusuk gigi karena dapat menyebabkan peradangan pada gusi dan gigi kita, sobat.
Bagaimana sobat, Mulai berbuka nanti di coba ya ..,, agar kita selalu percaya diri. Karena percaya diri merupakan salah satu cara menuju kesuksesan. Semoga aktivititas kita tidak terganggu akibat puasa. Seharusnya, dengan puasa kita tambah senang loh, karena setiap pekerjaan terpuji yang kita lakukan pahalanya akan selalu berlipat ganda. Semoga informasi kali ini bermanfaat dan jumpa lagi di informasi unik selanjutnya.
... Terima Kasih ...
.. Wassalamualaikum Wr. Wb. ..

Berlangganan update artikel terbaru via email:

4 Responses to "Cara Menghilangkan Bau Mulut Ketika Berpuasa"

security services said...

Terimakasih untuk infonya

Armstrong indonesia said...

menggosok gigi minimal 2 kali sehari untuk menjaga kebersihan mulut qt

pemeliharaan mesin said...

Mantabs nih tipsnya, sip deh

Bukan Julia Perez said...

Nice info mas, jadi tau deh cara ngilangin bau mulut yang bener dan alami, thanks ya ^_^

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel