;

Monday, August 6, 2012

15 Teori Asal - Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia

Monday, August 6, 2012

Hai sobat semuanya, jumpa lagi bersama besama For Your Information | Leading Education. Kali ini 4UI akan memberikan informasi sekaligus pengetahuan untuk sobat semuanya. Informasi kali ini, mungkin juga berguna bagi sobat yang sedang menjalani proses belajar di SMA kelas X, karena informasi yang sedang sobat baca ini adalah salah satu Bab dalam pelajaran Sejarah sobat, " Asal - Usul & Persebaran Manusia di Indonesia ". Pada bab tersebut, sobat akan mempelajari tentang darimana nenek moyang kita berasal. 
Persebaran Nenek Moyang Bangsa Indonesia.

Banyak ahli - ahli yang menyampaikan pendapatnya tentang Asal - Usul Bangsa Indonesia. Ada pendapat yang diterima dan ada juga yang tidak, dan pendapat yang diterima itulah yang disebut sebuah teori. Berikut adalah 15 Nama Ahli beserta pendapatnya tentang Asal - Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia :

1. Drs. Moh. Ali
Ali menyatakan bahwa bangsa Indonesia berasal dari daerah Yunan, Cina. Pendapat ini dipengaruhi oleh pendapat Mens yang berpendapat bahwa bangsa Indonesia berasal dari daerah Mongol yang terdesak oleh bangsa-bangsa lebih kuat sehingga mereka pindah ke selatan, termasuk ke Indonesia. Ali mengemukakan bahwa leluhur orang Indonesia berasal dari hulu-hulu sungai besar yang terletak di daratan Asia dan mereka berdatangan secara bergelombang. Gelombang pertama berlangsung dari 3.000 hingga 1.500 SM (Proto Melayu) dan gelombang kedua terjadi pada 1.500 hingga 500 SM (Deutro Melayu). Ciri-ciri gelombang pertama adalah kebudayaan Neolitikum dengan jenis perahu bercadik-satu, sedangkan gelombang kedua menggunakan perahu bercadik-dua.

2. Prof. Dr. H. Kern
Ilmuwan asal Belanda ini menyatakan bahwa bangsa Indonesia berasal dari Asia. Kern berpendapat bahwa bahasa - bahasa yang digunakan di kepulauan Indonesia, Polinesia, Melanesia, Mikronesia memiliki akar bahasa yang sama, yakni bahasa Austronesia. Kern menyimpulkan bahwa bangsa Indonesia berawal dari satu daerah dan menggunakan bahasa Campa. Menurutnya, nenek-moyang bangsa Indonesia menggunakan perahu-perahu bercadik menuju kepulauan Indonesia. Pendapat Kern ini didukung oleh adanya persamaan nama dan bahasa yang dipergunakan di daerah Campa dengan di Indonesia, misalnya kata “kampong” yang banyak digunakan sebagai kata tempat di Kamboja. Selain nama geografis, istilah-istilah binatang dan alat perang pun banyak kesamaannya. Tetapi pendapat ini disangkal oleh K. Himly dan P.W. Schmidt berdasarkan perbendaharaan bahasa Campa.

3. Willem Smith
Melihat asal-usul bangsa Indonesia melalui penggunaan bahasa oleh orang-orang Indonesia. Willem Smith membagi bangsa-bangsa di Asia atas dasar bahasa yang dipakai, yakni bangsa yang berbahasa Togon, bangsa yang berbahasa Jerman, dan bangsa yang berbahasa Austria. Lalu bahasa Austria dibagi dua, yaitu bangsa yang berbahasa Austro Asia dan bangsa yang berbahasa Austronesia. Bangsa-bangsa yang berbahasa Austronesia ini mendiami wilayah Indonesia, Melanesia, dan Polinesia

4. Prof. Dr. Sangkot Marzuki 
Menyatakan bahwa nenk moyang bangsa Indonesia berasal dari Austronesia dataran Sunda. Hal ini didasarkan hasil penelusuran DNA fosil. Ia menyanggah bahwa nenek moyang bangsa Indonesia berasal dari Yunan, karena Homo Erectus atau Phitecantropus Erectus ini tidak ada kelanjutannya pada manusia saat ini. Mereka punah dan digantikan oleh manusia dengan species baru, yang sementara ini diyakini sebagai nenek moyang manusia yang ditemukan di Afrika.

5. Van Heine Geldern
Pendapatnya tak jauh berbeda dengan Kern bahwa bahasa Indonesia berasal dari Asia Tengah. Teori Geldern ini didukung oleh penemuan-penemuan sejumlah artefak, sebagai perwujudan budaya, yang ditemukan di Indonesia mempunyai banyak kesamaan dengan yang ditemukan di daratan Asia.

6. Prof. Mohammad Yamin 
Yamin menentang teori-teori di atas. Ia menyangkal bahwa orang Indonesia berasal dari luar kepulauan Indonesia. Menurut pandangannya, orang Indonesia adalah asli berasal dari wilayah Indonesia sendiri. Ia bahkan meyakini bahwa ada sebagian bangsa atau suku di luar negeri yang berasal dari Indonesia. Yamin menyatakan bahwa temuan fosil dan artefak lebih banyak dan lengkap di Indonesia daripada daerah lainnya di Asia, misalnya, temuan fosil Homo atau Pithecanthropus soloensis dan wajakensis yang tak ditemukan di daerah Asia lain termasuk Indocina (Asia Tenggara).

7. Prof. Dr. Krom
Menguraikan bahwa masyarakat awal Indonesia berasal dari Cina Tengah karena di daerah Cina Tengah banyak terdapat sumber sungai besar. Mereka menyebar ke kawasan Indonesia sekitar 2.000 SM sampai 1.500 SM.

8. Dr. Brandes 
Berpendapat bahwa suku-suku yang bermukim di kepulauan Indonesia memiliki persamaan dengan bangsa-bangsa yang bermukim di daerah-daerah yang membentang dari sebelah utara Pulau Formosa di Taiwan, sebelah barat Pulau Madagaskar; sebelah selatan yaitu Jawa, Bali; sebelah timur hingga ke tepi pantai bata Amerika. Brandes melakukan penelitian ini berdasarkan perbandingan bahasa.

9. Hogen
Menyatakan bahwa bangsa yang mendiami daerah pesisir Melayu berasal dari Sumatera. Bangsa Melayu ini kemudian bercampur dengan bangsa Mongol yang disebut bangsa Proto Melayu (Melayu Tua) dan Deutro Melayu (Melayu Muda). Bangsa Proto Melayu kemudian menyebar di sekitar wilayah Indonesia pada tahun 3.000 hingga 1.500 SM, sedangkan bangsa Deutro Melayu datang ke Indonesia sekitar tahun 1.500 hingga 500 SM.

10. Max Muller
Berpendapat lebih spesifik, yaitu bahwa bangsa Indonesia berasal dari daerah Asia Tenggara. Namun, alasan Muller tak didukung oleh alasan yang jelas.

11. Mayundar
Berpendapat bahwa bangsa-bangsa yang berbahasa Austronesia berasal dari India, lalu menyebar ke wilayah Indocina terus ke daerah Indonesia dan Pasifik. Teori Mayundar ini didukung oleh penelitiannya bahwa bahasa Austria merupakan bahasa Muda di India bagian timur.

12. Mens
Berpendapat bahwa bangsa Indonesia berasal dari bangsa Mongol yang terdesak oleh bangsa - bangsa yang lebih kuat, sehingga mereka terdesak ke selatan termasuk kawasan Indonesia. 

13. Sultan Takdir Alisyahbana
Bangsa Indonesia merupakan bangsa yang berasal dari melayu karena berdasarkan rumpun bahasa yang memiliki kesamaan.

14. Gorys Kraf
Indonesia kebudayaannya lebih tinggi dari kebudayaan wilayah sekitarnya, yang berarti induknya berasal dari Indonesia.

15. Harry Truman Simandjutak
Bahwa bahasa yang banyak digunakan di Indonesia berasal dari Bahasa Austronesia yang induknya ada di Pulau Formosa, Taiwan.

# Menurut Prof. H.R. Fischer (pengantar Antropologi kebudayaan Indonesia) bangsa indonesia terbagi menjadi 3 bangsa :
Negroid (orang Tapiro Irian/Papua).
  Ciri-ciri : kulit hitam, rambut keriting, bertubuh kecil.
Weddoid (orang Senoi di Malaya, Sakai di Siak, Kubu di Palembang).
  Ciri-ciri : rambut berombak tegang, lengkung alis menonjol ke depan, kulit agak coklat. 
Melayu (Suku jawa).
  Ciri-ciri : tubuh tinggi & ramping, wajah bulat, hidung pesek, rambut hitam, kulit sawo matang.

Teori hanyalah sebuah teori, namun dari sebuah teori kita dapat mengambil sebuah pengetahuan. Terlalu fanatik juga memperburuk keadaan kita, karena kita belum mengetahui kepastian pendapat tersebut. Namun tidak memperdulikan berarti kita tidak menghargai para ahli yang berniat membantu kita dalam menyelesaikan problema ketidaktahuan kita. Jumpa lagi di Informasi unik selanjutnya.
... Terima Kasih ...


Anda Telah Membaca artikel 15 Teori Asal - Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia, Baca Juga Artikel Berikut

FOR YOUR INFORMATION - 4:40 PM

11 comments

September 24, 2012 at 10:10 AM delete

makasi gan buat infonya,
kunjungan balik y gan d blog saya

December 8, 2012 at 10:09 PM delete

Melayu itu dari keturunan Abraham dr istrinya Kenturah...!!!
memang sengaja di suruh berdiam diri di negri ini berdasarkan perintah Abraham,,..

klo anda minta bukti,, pergilah ke kab.Indragiri,, di sana ada satu prasasti (klo anda bs membacanya) tentang berpisahnya dua peradaban (Melayu tuo dan melayu muda) karna menghindari pengaruh budaya luar (india, china dll)
Sampai saat ini bangsa melayu tuo masih memegang agama Hanif (adam)...

December 25, 2012 at 8:10 PM delete

Bangsa indonesia memang penduduk asli nusantara yang mempunyai tali persaudaraan dengan seluruh bangsa asia tenggara, namun indonesia rasnya yang paling selatan sedangkan yang paling utara adalah vietnam yang rasnya paling dekat ras tiongkok. Di asia tenggara ras indonesia ber DNA tionghoa paling sedikit sebelum melayu, thai, dan vietnam.

Anonymous
March 26, 2013 at 9:04 PM delete

Fantastic site. A lot of useful info here. I am sending it to several pals ans additionally
sharing in delicious. And obviously, thanks
in your sweat!

Also visit my weblog :: lose weight with HCG

Anonymous
May 29, 2013 at 7:15 PM delete

Awesome blog! Is your theme custom made or did you
download it from somewhere? A theme like yours with a few
simple adjustements would really make my blog stand out.
Please let me know where you got your theme. Kudos

my page ... austria capital city

July 16, 2013 at 10:56 AM delete

Ada dua bangsa yg menjadi nenek moyang kita (melayu) yaitu campuran penduduk asli indo dan keturunan cina (thai).
Fosil yg di temukan di jawa adalah fosil penduduk asli (indo).

October 17, 2013 at 9:02 PM delete

Ini ngebantu banget buat tugasku.. Makasih yaa

October 20, 2013 at 7:09 PM delete

coba urutkan, menurut kamu teori mana yang paling benar?? dan mengapa??

Anonymous
February 27, 2014 at 3:09 PM delete

yang cendrung benar menurut moh yamin dan sutan takdir alisahbana?? kenapa??? sebab mereka asli indonesia asli melayu atau austronesia atau andalusia yg dulunya ibu kota atlantis yg hilang..mereka lebih memahami karena mereka hidup dan mengetahui lebih banyak dan bukti-bukti yg lengkap..sedangkan menurut yg lain mereka hanya bertiori sedangkan teory belom tentu kebenaranya karena mereka tidak membuktikanya langsung dan tidak mempunyai bukti yg lengkap..penduduk asli indonesia yg dulunya bernama andalusia yg sekarang menjadi pulau beasar bernama sumatera dan jawa adalah satu kesatuan terpisah oleh letusan gunung krakatau 1809 semenjak itu sumatera di sebut andalas..justru sebaliknya nenek moyang bangsa-bangsa lain berasal dari indonesia ini yg berimigrasi karena bencana alam baik gunung meletus atau disebabkan pencairan es di zaman glatser..itu dibuktikan bangsa-bangsa di sekitar indonesia memiliki peradapan dan kebudayaan yg meniru negeri asalnya baik india thailan kamboja memiliki sius purbakala baik berupa seni bangunan dan peralatan yg sama..dan itu di buat aleh bansa indonesia yg bermigrasi..contohnya candi yg ada baik di thailand dan di india kamboja dan miyanmar adalah buatan bangsa indonesia yg beremigrasi buktinya candi terbesar di dunia dan situsnya ada di indonesia borobudur dan prambanan..dan bukti lebih kuat lagi baik fosil lebih lengkap dan lebih tua di temukan di indonesia..belakangan di temukanya situs di gunung padang di wilayah tataran sunda yang bangunanya berumur lebig dari 10.000 sm..sementara mereka mengatakan pendatang pertama melayu tua datang ke indonesia 3.500 sm??? sementara penduduk sudah ada sebelum itu dan memiliki kebudayaan yg sudah maju??sehinga muncul pertanyaan apakah penduduk asli indonesia ini pendatang yg berimigrasi atau indonesia ini adalah awal dari semua peradapan yg ada di dunia ini??

TULISAN PESAN KOMENTAR ANDA DISINI