-->

Cara Jitu Menjadi Juara Kelas

Juara yaitu sebuah gelar yang dicapai akibat usaha yang dilakukan secara bersungguh - sungguh.
Hai sobat, jumpa lagi bersama For Your Information, blog yang ingin eksis dan membagikan sejuta kebahagiaan dengan artikel yang unik, menarik, dan mengagumkan. Adik - adik ...., kakak - kakak ....., dari kalian semua siapa sih yang tidak ingin menjadi juara ?, pastinya semua mau donk ?, untuk artikel kali ini 4UI akan sedikit memberikan pengalaman yang mungkin sedikit berharga untuk semuanya, Juara kerap kali menjadi salah satu impian yang paling diininkan semua orang. Juara sendiri adalah keberhasilan yang diraih seseorang karena usaha yang dilakukannya. Kemarin kan sobat ada penerimaan raport, bagaimana hasilnya ?, siapa yang menjadi juaranya ?. Untuk menjadi juara sobat tidak perlu pesimis, karena juara tidak memandang siapa orangnya baik dari kalangan minoritas atau mayoritas. 
Sobat hanya perlu berbekal 3 hal utama dan 4 hal yang harus dilakukan, untuk mempersingkat tulisan, simak uraian dibawah ini :
3 Hal Utama yang Penting adalah :
  • Konsentrasi.
Hal utama yang perlu kita perhatikan adalah konsentrasi, kok bisa ?. " IYA", karena konsentrasi merupakan pola yang memberikan kita arahan untuk menuju ke suatu inti materi. Apabila kita konsentrasi saat belajar, maka kita akan selalu ingat apa yang telah kita pelajari sebelumnya. Konsentrasi seseorang berbeda - beda. Ada orang yang konsentrasi ketika berada di tempat yang hening, adapula yang bisa konsentrasi apabila mendengarkan musik, terserah sesuka hati sobat bagaimana enaknya, yang penting dalam proses belajar sobat mendapatkan kenyamanan dan mudah berkonsentrasi. Konsentrasi dapat dilakukan dengan memejamkan mata selama 2-5 menit sambil kita mengingat - ingat materi apakah yang akan kita pelajari. 

  • Semangat.
Kedua adalah semangat, jiwa semangat memang tidak mudah ditumbuhkan apabila kita sedang proses belajar, karena antonim dari sifat semangat, yakni malas adalah sifat alamiah yang pasti dimiliki semua orang. Namun Kemalasan seseorang ada ukurannya, ada yang sangat malas dan adapula yang sedikit. Semangat bisa kita dapat apabila kita bisa dengan materi apa yang akan kita pelajari. Untuk bisa kita harus mencintai atau menyukai materi tersebut.

  • Gembira.
Setelah berkonsenntrasi dengan semangat kita kan pastinya jenuh, maka hal utama ketiga adalah gembira. Gembira ini dapat kita ciptakan sendiri, misalnya pergi jalan - jalan, rekreasi, dan lain - lain. Gembira akan menyegarkan pikiran kita dari seluk beluk kegiatan yang padat ketika proses belajar di rumah ataupun disekolah, sehingga kita memperoleh pikiran yang segar dan mudah untuk diisi dengan materi baru yang akan datang.

 4 hal yang harus kita lakukan untuk menjadi juara adalah :
  • Belajar.
Belajar tidak hanya saat kita membaca buku, namun dari pengalaman hidup kita. Misal apabila kita gagal melakukan seseuatu, itu merupakan sebuah pengalaman yang menjadikan kita untuk tidak berbuat hal yang sama. Walaupun pada umumnya belajar terpaku kepada buku. Apabila kita sedang dalam proses belajar, ada baiknya kita mencicil atau mengkredit ( heheheheh ) apa yang akan kita pelajari setiap harinya seperti pepatah yang berbunyi " sedikit demi sedikit lama kelamaan menjadi bukit " apabila setiap hari kita mencicil pasti tiak berat saat kita akan menghadapi ujian ataupun ulangan. Coba bedakan kalau kita melakukan sistem SKS ( sistem kebut semalam ), andaikan akan perang, kita pada waktu akan perang masih mengasah senjata yang akan kita pakai, kita tiak punya waktu untuk istirahat, apa yang terjadi keesokan harinya, pasti kita merasa kelelahan dan akan mati di medan perang, dan realitanya apabila kita melakukan sistem SKS maka kita akan dibunuh oleh soal yang akan kita hadapi keesokan harinya. Sekarang coba bedakan dengan sistem kredit, kita tanpa perlu kelelahan baik fisik ataupun mental ketika akan menghadapi ujian karena kita sudah mempersiapkannya jauh hari sebelum ujian.

  • Bagi Waktu.
Cara kedua yang harus dilakukan untuk menjadi juara kelas adalah membagi waktu. Hal utama yang biasanya membuat nilai kita terperosok adalah waktu kita yang lebih banyak untuk bermain daripada untuk belajar. Memang bermain lebih menyenangkan dari pada belajar, namun mari kita lihat masa depan, kita bisa memanen benih yang kita tanam sewaktu belajar di masa depan. Namun bermain, apa yang akan kita peroleh ?. Oleh karena itu sebisanya kita mempunyai jadwal pembagian waktu kapan waktu bermain dan kapan waktu belajar, walaupun kita belajar 1 sampai 3 jam yang penting kita rutin, kan pasti lama kelamaan ilmu dari materi yang kita pelajari akan semakin banyak, seperti yang saya sampaikan di cara pertama.

  • Mempunyai Prinsip yang Kuat.
Pada saat kita kesulitan memahami suatu materi, kebanyakan pelajar menutup buku yang terdapat materi yang susah di pelajari tersebut dan tidak pernah mempelajarinya kembali. Itulah kesalahan fatal. Untuk menjadi juara kan kita harus berusaha bersungguh - sungguh dan menjauhkan sikap putus asa. Maka kita harus mempunyai 2 prinsip yang harus selalu kita genggam. Prinsip pertama adalah SAYA HARUS BISA !, yang berarti kita mensugestikan diri kita sendiri untuk bisa mencapai tujuan kita, antara lain kita bisa bertanya kepada teman yang sudah faham materi tersebut ataupun langsung bertanya kepada ahli atau pengajar. Bisa mempunyai arti yang berbeda dengan pintar, kalau pintar belum pasti bisa dan kalau bisa pasti pintar. Prinsip yang kedua adalah SUKSES TUJUAN SAYA !, setelah bisa pasti kita mengarah kepada kesuksesan diantara lain yaitu Menjadi juara kelas.
  • Doa.
Selain berusaha mari kita iringi dengan doa. Jangan terlalu besar, kita bisa mengawali ketika hendak belajar dan setelah belajar. Untuknya muslim, jangan pernah meninggalkan sholat 5 waktu yang diperintahkan oleh Allah SWT. Hendaknya usahakan 5-10 menit setelah shalat untuk berdoa agar kita selau diberi kemudahan berfikir dan selalu diiringi ridlo-Nya ketika menuntut ilmu.

Uraian diatas adalah sedikit tips untuk sobat bagaimana Cara Menjadi Juara Kelas. semoga artikel yang saya sampaikan hari ini bisa bermanfaat untuk sobat semuanya. yang penting " Do The Best, Be The Best, and For The Best ". 
... Terima Kasih ...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

3 Responses to "Cara Jitu Menjadi Juara Kelas"

obat kolesterol said...

postingan yang bagus tentang cara jitu menjadi juara kelas

Bimbel FLC Indonesia Centre said...

artikel yang bagus, luar biasa
mampir kesini ya
bimbel-sma.blogspot.com

Try Out Plus said...

ikuti cerdas cermat online se jawa timur seri 2 tingkat SD dan SMP, dijamin seru deh.. mata pelajaran yg di ujikan ada 4, yaitu b.indonesia , matematika, ipa sma ips.. hadiahnya menarik lhoo.. buruan ikut.. gratis lhoo..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel